Rabu, 25 Juni 2014

Pengertian, Penjelasan dan Contoh Demonstrative Pronoun


Pengertian

Demonstarative Pronoun adalah Kata Ganti yang digunakan sebagai kata tunjuk. Dalam bahasa indonesia kita mengenal kata tunujk "ini" dan "itu". Dalam bahasa inggris kita menyubutnya "this" and "that".

Demonstrative berfungsing untuk menggantikan kata ganti benda dan sifat.

Penjelasan

Demonstrative Pronoun ada 4 yaitu This, That, These, Those. Fungsi dari keempat kata tunjuk ini ialah menggantikan kata benda atau sifat. Perbedaan antara keempat kata tunjuk diatas adalah :

"This" artinya "ini" dan "These" adalah bentuk jamak dari "This"
"That" artinya "itu" dan "Those" adalah bentuk jamak dari "That"

Contoh :
1. This is my car (ini mobil saya)
2. These are my cars (ini mobil-mobil saya)
3. That is my car (itu mobil saya)
4. Those are my cars (itu mobil-mobil saya)

Berfungsi sebagai Kata Ganti benda

berarti kata this, these, that, dan  those ini memiliki fungsi menggantikan benda. Contoh :

1. This is my wallet (ini dompet saya)
2. These are my wallets (ini dompet-dompet saya)
3. That is my book (itu buku saya)
4. Those are my books (itu buku-buku saya)

Perhatikan bahwa setelah kata this,these, that, dan those tidak diikuti kata benda yang berarti berdiri sendiri. Maka dari itu ia berfungsi sebagai kata ganti benda.

Berfungsi sebagai Kata Ganti Sifat

berarti kata this, these, that, dan those ini memiliki fungsi menggantikan sifat. Contoh :

1. This book is good (buku ini bagus)
2. These books are good (buku-buku ini bagus)
3. That girl is beautyful (gadis itu cantik)
4. Those girls are beautyful (gadis-gadis itu cantik)

Perhatikan bahwa setelah kata this, these, that, dan those ada kata benda. Sebab itu mereka berfungsi sebagai kata ganti sifat.

Itulah penjelasan, pengertian sertah contoh dari Demonstrative
Share:

0 komentar:

Posting Komentar