Kamis, 12 Juni 2014

Cara Meningkatkan Kemampuan Listening (Listening Skills)



Dalam bahasa inggris ada 4 keahlian yanitu Speaking, Listening, Reading dan Writting. Nah sekarang kita akan membahas yang kedua yaitu Listening Skills. Listening Skills adalah kemampuan kita dalam mengerti sesuatu yang diucapkan oleh orang asing kepada kita. Hal ini adalah hal yang paling sulit untuk dikuasai karena tiap orang berbeda-beda kemampuannya dalam menangkap maksud yang diucapkan oleh native speaker.

berikut adalah Cara meningkatkan listening skills

1. Mendengarkan lagu berbahasa inggris

Mendengarkan lagu berbahasa inggris adalah salah satu cara agar kita dapat meningkatkan kemampuan listening kita. Tanpa disadari dengan mendengarkan lagu berbahasa inggris kita dapat mengerti dan memahami apa yang diucapkannya. Mungkin pada saat pertama kalian masih bingung dengan apa yang di ucapkan, tapi jangan khawatir, sebab semuanya perlu proses. Semakin sering kalian mendengarkan lagu berbahasa inggris maka kalian akan semakin peka dengan suaranya.

2. Menonton film/video berbahasa inggris

Sama halnya dengan lagu, kali ini kalian praktek dengan menonton film/video berbahasa inggris. Dalam prakteknya kalian nanti akan mengetahui penekanan-penekanan nada pada kata-kata tertentu sehingga menghasilkan suatu ekspresi suara. Mulailah dengan menonton film berbahasa inggris dengan subtitle bahasa inggris jangan bahasa indonesia! sehingga kalian mengetahui apa yang mereka katakan pada fil tersebut.

3. Latihan menelpon dalam bahasa inggris

Latihan ini kalian lakukan dengan teman kalian. Kalian lakukan latihan ini minimal sehari sekali kalau mau cepat lancar, tapi kalau 3x seminggu juga tidak apa-apa. Kalian lakukan latihan ini dengan cara seorang menelpon temannya dan berbicara dalam bahasa inggris, saling pronunciation yang benar agar teman kalian mengerti dan paham akan apa yang kalian katakan. Dengan melakukan latihan ini maka listening skills kalian pasti akan meningkat.

Itulah 3 tips untuk meningkatkan kemampuan listening (listening skills). Selamat berpraktek dirumah ya. Ingat jangan malu, karena malu membuat kalian tidak akan pernah maju!.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar